Home » » Cara Setting Sudut Camber RC Drift

Cara Setting Sudut Camber RC Drift


Pengertian dan Penyetelan Sudut CAMBER RC DRIFT
Tujuan Utama dari dari penyetelan camber adalah untuk memaksimalkan traksi dengan mengatur sudut antara ban dengan tanah sehingga tercipta penapakan yang paling efektif. Dalam artikel ini kami akan menerangkan bagaimana mengeset camber yang benar pada kebanyakan RC Drift dan alat yang digunakan.

DASAR-DASAR CAMBER



Gambar 1
menunjukkan sudut camber 0º yang berarti ban benar-benar vertikal (tegak lurus) terhadap tanah sehingga bagian yang rata dari ban 100% menyentuh tanah. Sementara ini mungkin Anda mengira ini konfigurasi yang terbaik, masalah baru timbul saat mobil menikung. Sewaktu mobil menikung salah satu
bagian dari chasis akan terangkat mengakibatkan hilangnya traksi. Jadi sudut 0º mungkin baik pada jalan lurus (drag racing) tapi sudah tentu tidak efisien pada circuit racing. Satu lagi konsep yang salah dalam mengatur camber adalah sudut camber yang positif seperti yang terlihat pada

Gambar 2 dan 3
Masalahnya dengan sudut positif ini tekanan pada ban saat menikung adalah pada bagian luar dari ban akibatnya traksi turun drastis. Dari uraian diatas pada akhirnya disimpulkan sudut camber yang optimal adalah sudut negatif Dengan sudut ban sedikit miring kearah dalam (negatif camber), posisi chasis yang miring saat menikung malah membuat permukaan ban lebih banyak menyentuh tanah, sehingga traksi bertambah. Sebagai pedoman untuk track yang traksinya tinggi, setingan yang umum adalah sudut negatif antara 2 sampai 3 derajat. Sedangkan untuk track yang traksinya rendah (licin) gunakan sudut yang lebih rendah (0 – 2 derajat)

SETTING CAMBER RC DRIFT
Cara yang umum untuk mengatur camber pada mobil adalah dengan menyetel turnbuckle seperti yang terlihat pada gambar di kanan. Memutar turnbuckle ke satu arar akan mengurangi sudut camber, dan memutar kearah yang berlainan akan menambahnya. Pada jenis mobil yang lain, camber di set dengan memutar pillow balls, seperti yang terlihat pada mobil V-One (tanda panah pada gambar paling bawah) 

KESIMPULAN
Saya harap uraian singkat diatas dapat membantu anda mengerti tentang konsep camber dan berikut adalah kesimpulannya :
Jangan pernah menggunakan sudut camber positif
2 – 3 derajat sudut negatif untuk trak dengan traksi yang tinggi.
Camber yang lebih kecil (0-2 derajat) untuk kondisi track yang kurang traksinya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.